Tips Bermain Rise of Kingdoms untuk Free to Play (F2P)

Tips bermain Rise of Kingdoms (RoK) sangat diperlukan untuk Anda yang baru memulai bermain game strategi seru ini. Namanya juga game strategi, jadi Anda harus memiliki strategi dalam memainkannya. Namun, untuk yang belum berpengalaman tentunya akan sulit untuk menentukan strategi yang tepat, bukan? Jadi, tak ada salahnya untuk mengetahui tips dan trik bermain RoK.

Sebenarnya, RoK adalah salah satu game yang kompleks. Karena dalam game ini, Anda tidak hanya harus meningkatkan power pribadi, tapi juga membangun aliansi dan kerajaan. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan power; bangunan, riset, juga pasukan dan komandan. Dalam mengurus aliansi pun, Anda diharuskan bisa mengatur strategi perang dan berdiplomasi.

Jika melihat dari penjabaran ini RoK kelihatannya begitu rumit untuk dimainkan. Akan tetapi, setelah memainkannya Anda akan mengerti mengapa permainan satu ini sangat disukai dan menjadi salah satu permainan rank atas di Google Play dan App Store. Dalam game RoK ada dua jenis pemain, Play to pay (P2P) dan Free to play (F2P).

Teknik Main Rise Of Kingdoms

Apa Itu Play to Pay (P2P) dan Free to Play (F2P)?

Pay to play adalah pemain bermodal uang. Mereka tidak akan segan-segan membelanjakan uang demi membeli gem atau bundle yang tersedia untuk membantu kelancaran bermain mereka. Biasanya, pemain P2P memiliki komandan-komandan legendaris yang memiliki kemampuan di atas komandan biasa. Pemain P2P sering disebut Sultan atau Paus karena mau menghamburkan uang demi game dan memiliki power mencengangkan.

Sedangkan free to play adalah pemain modal gratisan, yang tidak mengeluarkan uang dalam bermain. Pemain-pemain F2P hanya mengandalkan hadiah-hadiah yang didapat dari quest atau event tertentu. Walaupun bermain secara gratis, ada beberapa pemain F2P yang bisa memiliki power besar dan menyaingi P2P. Kebanyakan pemain F2P bermain untuk bersenang-senang, sedang P2P bermain untuk menang.

Tips Bermain Rise of Kingdoms untuk Free to Play

Rasanya, untuk pemain P2P tidak memerlukan tips bermain Rise of Kingdoms, karena mereka bisa menutupi kekurangan dalam permainan dengan membeli gem atau item lainnya di toko. Jadi, yang akan dibahas adalah tips untuk F2P saja. Yah, walaupun hanya bermain untuk senang-senang, tidak ada salahnya bermain pintar, bukan? Berikut, tips bermain untuk F2P:

1. Bergabunglah di aliansi besar

Salah satu kunci mempercepat kenaikan power Anda adalah dengan bergabung di aliansi besar. Aliansi besar biasanya memiliki banyak pemain dan riset yang bagus, ini akan sangat membantu ketika Anda melakukan upgrade. Selain itu, aliansi besar akan bisa memenangkan quest aliansi dengan mudah dan hadiahnya lumayan bagus.

2. Fokus upgrade pada satu komandan

Fokuslah pada satu komandan saja, jangan melakukan upgrade level beberapa komAndan di saat bersamaan. Misalnya, Anda mengupgrade Hermann, fokuslah sampai skillnya maksimal baru kemudian beralih ke komandan lain. Fokuslah ke komandan Epic, karena komandan legendaris sulit diupgrade pemain gratisan.

3. Jangan biarkan Builder, Academy Research, dan area pelatihan pasukan menganggur karena akan memperlambat peningkatan power kerajaan Anda.

4. Dahulukan upgrade bangunan atau riset yang menambah buff penyingkatan waktu.

5. Fokus upgrade bangunan-bangunan penting, misalnya City Hall dan Aliance Center juga Academy.

Nah, itu dia tips yang bisa dibagikan. Selain tips di atas, Anda juga harus mengoptimalkan pengumpulan sumber daya dengan tidak membiarkan pasukan menganggur. Kirim pasukan untuk mengumpulkan sumber daya atau mengalahkan pasukan barbarians. Selain itu, manfaatkan rune yang muncul di situs suci setelah penjaganya dikalahkan. Semoga tips bermain Rise of Kingdoms untuk F2P ini bermanfaat.